|

Kamis, 17 Juli 2014

Catatan Semester Genap

Assalam 'Alaikum ....

Mahasiswa yang dibanggakan oleh IAIN Pekalongan.

Selamat berlibur, selamat menunaikan ibadah Ramadhan dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H., serta yang paling penting selamat mempersiapkan perkuliahan di Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018.

Bagi mahasiwa yang semester ini diwisuda, saya ucapkan selamat.

Bagi mahasiswa yang LULUS di setiap ujian apapun (UTS, UAS, Ujian Semester Padat [SP], Ujian Praktikum Ibadah dan Tilawah, Ujian TOEFL, Ujian Proposal Skripsi, Ujian Komprehensif, Ujian Munaqasah [ujian Skripsi], dan ujian-ujian lain, termasuk ujian kehabisan uang, bagi mahasiswa yang kos), saya ucapkan selamat. 

Bagi  mahasiswa yang belum "dianugerahi" LULUS pada ujian-ujian yang diselenggarakan, INGAT, jangan kecil hati, suatu saat pasti anda akan berhasil, tinggal menunggu waktu, yang penting serius dan jangan menyepelekan hal yang seharusnya anda "diminta" untuk serius.

Mahasiswa yang saya cintai, diakhir semester genap ini ada beberapa catatan yang harus saya sampaikan :
  • Masih seperti ungkapan saya di kelas, sebagai mahasiswa, anda termasuk orang yang paling beruntung bisa mengenyam bangku kuliah, karena tidak semua orang seusia anda bisa mendapatkan hak isitimewa (privilage) seperti yang anda peroleh. Maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
  • Kenyataan di kelas memang mahasiswa terbagi menjadi 2, ada mahasiswa yang serius dan ada mahasiswa yang menyepelekan. Bagi mahasiswa yang serius, harapan saya, semoga mereka konsisten (istiqomah) dengan perilakunya. Bagi mahasiswa yang menyepelekan, saya meminta INGATLAH point 1 di atas, INGATLAH atas jerih payah orang tua dan INGATLAH subsidi Pemerintah demi mencerdaskan anak bangsa berupa anda-anda sekalian yang dititipkan di STAIN Pekalongan. Semoga negara tidak salah membiayai pendidikan anda.
  • Masa depan anda, andalah yang menentukan. Maka tentukanlah masa depan anda dengan mencerdaskan diri anda sendiri dan upaya yang serius. Insya Allah : man jadda wajada (orang yang serius, akan menemukan hasil seperti yang diharapkan). Semoga anda termasuk, dan tidak usah khawatir, saya pasti ikut mendoakan.
  • LULUS adalah anugerah, syukurilah dan teruslah melakukan hal yang terbaik, paling tidak untuk diri sendiri, dan disarankan pula menebar kebaikan untuk sesama. Tidak LULUS bukanlah malapeta, tetapi yakinlah bahwa keberhasilan yang kurang direncanakan, maka hasilnya juga kurang memuaskan dan bahkan jauh dari harapan, atau gagal total. Semoga anda tidak seperti itu dan bisa memperbaiki di masa yang mendatang. 
Ayo, tetap semangat dalam menyongsong Semester Gasal. Buatlah target-target akademik setinggi mungkin. Doa saya, semoga anda anda berhasil meraih target tersebut.

Wassalam 'Alaikum ..........
Comments
0 Comments